Jelaskan Pengertian Hukum Internasional Secara Umum

Hukum internasional adalah suatu sistem hukum yang mengatur hubungan antarnegara. Hukum internasional juga dikenal sebagai hukum antara bangsa atau hukum antarnegara. Hukum internasional meliputi banyak hal, seperti perdamaian dan perang, perdagangan internasional, hak asasi manusia, dan banyak lagi. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian hukum internasional secara umum.

Apa itu Hukum Internasional?

Hukum internasional adalah suatu sistem hukum yang mengatur hubungan antara negara-negara. Hukum internasional mencakup aturan-aturan yang diikuti oleh negara-negara dalam melakukan hubungan internasional. Hukum internasional juga menyediakan kerangka kerja untuk menyelesaikan perselisihan antara negara-negara.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hukum internasional meliputi banyak hal. Ini termasuk perdamaian dan perang, perdagangan internasional, hak asasi manusia, dan banyak lagi.

Asal Usul Hukum Internasional

Hukum internasional memiliki asal usul yang sangat tua. Sejarah hukum internasional bermula pada zaman Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Namun, hukum internasional modern bermula pada abad ke-17 dengan Perjanjian Westphalia pada tahun 1648. Perjanjian ini mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun di Eropa dan memberikan pengakuan atas kemerdekaan beberapa negara di Eropa.

Setelah Perjanjian Westphalia, doktrin yang dikenal sebagai kedaulatan negara berkembang. Kedaulatan negara adalah prinsip bahwa negara memiliki hak untuk mengatur dirinya sendiri dan tidak terlibat dalam urusan internal negara lain. Prinsip ini masih merupakan prinsip utama dalam hukum internasional hingga saat ini.

Prinsip-Prinsip Hukum Internasional

Prinsip-prinsip hukum internasional meliputi:

  • Kedaulatan negara
  • Kesejajaran negara
  • Kepatuhan terhadap perjanjian internasional
  • Tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri negara lain
  • Perlindungan hak asasi manusia

Sumber Hukum Internasional

Sumber hukum internasional adalah dokumen-dokumen tertulis yang mengatur hubungan antarnegara. Dokumen-dokumen ini dapat berupa perjanjian internasional, konvensi, dan deklarasi. Dokumen-dokumen ini dapat dibuat oleh organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, atau oleh negara-negara sendiri.

Pengadilan Internasional

Pengadilan internasional adalah badan hukum internasional yang bertugas menyelesaikan perselisihan antara negara-negara. Pengadilan ini juga dapat menangani kasus yang melibatkan organisasi internasional atau individu. Pengadilan Internasional yang terkenal adalah Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda.

Kritik terhadap Hukum Internasional

Beberapa kritikus hukum internasional berpendapat bahwa hukum internasional tidak efektif dalam mencegah konflik antarnegara. Mereka juga berpendapat bahwa hukum internasional terlalu bergantung pada kepatuhan sukarela dari negara-negara. Selain itu, ada pula yang berpendapat bahwa hukum internasional terlalu lambat dan mahal dalam menyelesaikan perselisihan antar negara.

Kesimpulan

Hukum internasional adalah suatu sistem hukum yang mengatur hubungan antara negara-negara. Hukum internasional mencakup aturan-aturan yang diikuti oleh negara-negara dalam melakukan hubungan internasional. Hukum internasional juga menyediakan kerangka kerja untuk menyelesaikan perselisihan antara negara-negara. Meskipun hukum internasional memiliki kritik dan kekurangan, namun hukum internasional tetap merupakan hal yang penting dalam hubungan internasional antarnegara.