Kbli 2020 Hukumonline: Panduan Lengkap

Jika Anda sedang mencari informasi mengenai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) terbaru, maka Anda berada di tempat yang tepat. Seperti yang kita ketahui, KBLI merupakan sistem pengkodean yang digunakan untuk mengklasifikasikan berbagai jenis usaha yang ada di Indonesia. Pada tahun 2020, KBLI telah mengalami beberapa perubahan yang perlu Anda ketahui. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai KBLI 2020 Hukumonline.

Apa Itu KBLI?

KBLI adalah singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Sistem ini digunakan untuk mengklasifikasikan usaha berdasarkan jenis kegiatan yang dilakukan. KBLI pertama kali diperkenalkan oleh BPS pada tahun 1975 dan sejak saat itu telah mengalami beberapa kali perubahan. Setiap perusahaan yang ingin memulai usaha di Indonesia wajib memiliki kode KBLI.

Kbli 2020 HukumonlineSource: bing.com

Perubahan KBLI 2020

Pada tahun 2020, KBLI mengalami beberapa perubahan yang perlu Anda ketahui. Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan informasi yang semakin kompleks. Beberapa perubahan tersebut antara lain:

  • Penambahan sub sektor baru, yaitu “Usaha Perdagangan Besar Barang Konsumsi yang Tidak Terlacak”
  • Perubahan kode sektor Usaha Jasa Pendidikan dari 85 menjadi 84
  • Penambahan kode sub sektor baru pada sektor Usaha Jasa Kesehatan

Perubahan ini akan berdampak pada proses pengajuan izin usaha dan pengolahan data statistik di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami perubahan KBLI 2020.

Mengapa KBLI Penting?

KBLI sangat penting bagi setiap perusahaan yang ingin memulai usaha di Indonesia. Dengan memiliki kode KBLI, perusahaan dapat memperoleh izin usaha dan melakukan pengolahan data statistik yang akurat. Selain itu, KBLI juga dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan promosi dan pemasaran produk atau jasa perusahaan.

Kbli 2020 HukumonlineSource: bing.com

Cara Mencari Kode KBLI

Untuk mencari kode KBLI, Anda dapat mengunjungi situs resmi BPS atau Hukumonline. Di situs ini, Anda dapat melakukan pencarian kode KBLI berdasarkan jenis usaha yang ingin Anda klaim. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang sesuai dengan jenis usaha Anda dan sistem akan menampilkan kode KBLI yang tepat.

Kesimpulan

KBLI 2020 Hukumonline merupakan panduan lengkap mengenai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia terbaru. Artikel ini telah membahas secara lengkap mengenai apa itu KBLI, perubahan KBLI 2020, pentingnya KBLI, serta cara mencari kode KBLI. Dengan memahami KBLI, perusahaan Anda dapat memperoleh izin usaha dan melakukan pengolahan data statistik yang akurat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan KBLI sebagai acuan dalam melakukan promosi dan pemasaran produk atau jasa perusahaan.