Pengertian Ham Menurut Ahli

Setiap individu memiliki hak asasi yang harus dihormati. Hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang diperoleh oleh setiap orang tanpa terkecuali. HAM adalah hak yang diakui oleh negara dan diproteksi oleh hukum.

Menurut para ahli, pengertian HAM adalah hak yang dimiliki oleh setiap individu tanpa terkecuali. HAM merupakan hak yang bersifat universal, yang harus dihormati dan dilindungi oleh negara serta masyarakat. Berikut adalah pengertian HAM menurut ahli.

Pengertian HAM Menurut John Locke

John LockeSource: bing.com

John Locke adalah salah satu filosof yang memperkenalkan konsep HAM. Menurut Locke, HAM adalah hak yang dimiliki oleh setiap individu sebagai manusia. HAM adalah hak yang tidak dapat dicabut oleh negara atau pihak manapun. HAM meliputi hak atas kebebasan, hak atas properti, dan hak atas hidup.

Locke juga mengatakan bahwa negara memiliki tanggung jawab untuk melindungi HAM setiap individu. Negara harus memastikan bahwa HAM setiap individu tidak dilanggar oleh pihak manapun.

Pengertian HAM Menurut Thomas Hobbes

Thomas HobbesSource: bing.com

Thomas Hobbes adalah seorang filsuf yang memandang HAM dari sudut pandang kontrak sosial. Menurut Hobbes, sebelum terbentuknya negara, manusia hidup dalam keadaan alamiah yang tidak terorganisir dan tidak teratur.

Untuk menghindari keadaan anarkis tersebut, manusia membentuk negara dan menyerahkan sebagian haknya kepada negara. Meskipun demikian, Hobbes tetap berpendapat bahwa setiap individu memiliki hak dasar, seperti hak atas kebebasan dan hak atas hidup.

Pengertian HAM Menurut Immanuel Kant

Immanuel KantSource: bing.com

Immanuel Kant adalah seorang filosof yang memandang HAM dari sudut pandang moralitas dan etika. Menurut Kant, HAM bukanlah hak yang diberikan oleh negara atau pihak manapun, melainkan hak yang diberikan oleh moralitas.

Kant berpendapat bahwa setiap individu memiliki martabat yang sama dan harus dihormati. HAM merupakan ekspresi dari martabat tersebut. HAM meliputi hak atas kebebasan, hak atas keadilan, dan hak atas martabat.

Pengertian HAM Menurut Mahatma Gandhi

Mahatma GandhiSource: bing.com

Mahatma Gandhi adalah seorang pemimpin pergerakan kemerdekaan India yang juga memperjuangkan HAM. Menurut Gandhi, HAM adalah hak yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap manusia. HAM meliputi hak atas kebebasan, hak atas keadilan, dan hak atas martabat.

Gandhi juga mengajarkan bahwa setiap individu memiliki tanggung jawab moral untuk memperjuangkan HAM. Setiap individu harus berjuang secara damai dan tanpa kekerasan untuk memperjuangkan HAM.

Pengertian HAM Menurut PBB

PbbSource: bing.com

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi internasional yang bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia. PBB juga memiliki peran dalam mempromosikan HAM di seluruh dunia.

Menurut PBB, HAM meliputi hak atas kebebasan, hak atas martabat, hak atas keadilan, dan hak atas kesejahteraan. PBB juga mengatakan bahwa negara memiliki tanggung jawab untuk melindungi HAM setiap individu di wilayahnya.

Kesimpulan

Setiap ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang pengertian HAM. Namun, intinya adalah bahwa HAM adalah hak yang dimiliki oleh setiap individu tanpa terkecuali. HAM harus dihormati dan dilindungi oleh negara serta masyarakat.

Untuk memperjuangkan HAM, setiap individu memiliki tanggung jawab moral. Kita harus berjuang secara damai dan tanpa kekerasan untuk memperjuangkan HAM. Kita juga harus menghormati HAM setiap individu dan tidak melanggarnya.